PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI TRITUNGGAL KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2620-407X 2528-4207 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI TRITUNGGAL KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 |
|
Personal Name |
Moch. Eko Santoso SD Negeri Tritunggal, Rembang |
|
Summary, etc. |
Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), adalah suatu pendekatan pembelajaran matematika yang prosesnya di awali dengan permasalahan realistik atau dunia nyata, di luar matematika atau kehidupan sehari-hari, yang kemudian dikembangkan untuk membangun konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keterampilan belajar siswa dalam menghitung operasi bilangan pecahan, dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research). Penelitian tindakan ini terbagi menjadi dua siklus yang masing-masing siklus dilakukan dengan prosedur 1) perencanaan (planning), 2) tindakan (action), 3) observasi (observation), dan 4) refleksi(reflektion) dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian dikemukakan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar operasi bilangan pecahan bagi siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan secara klasikal yang mengalami peningkatan dari 30,43% pada prasiklus, meningkat sebesar 34,79% menjadi 65,22% pada siklus I, dan kemudian meningkat lagi sebesar 26,08% menjadi 91,30% pada siklus II. Penerapan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) juga dapat meningkatkan keterapilan siswa dalam menghitung operasi bilangan pecahan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan secara klasikal juga mengalami peningkatan dari 26,09% pada prasiklus, meningkat sebesar 13,04% menjadi 39,13% pada siklus I, dan kemudian meningkat lagi sebesar 47,83% menjadi 86,96% pada siklus II. berdasarkan hasil pengamatan, penerapan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) juga dapat meningkatkan aktivitas belajar pada materi operasi bilangan pecahan bagi siswa.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
LINTANG SONGO |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/435 |
|
Data Source Entry |
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan; Vol. 4 No. 2 (2021): Lintang Songo:Jurnal Pendidikan |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Copyright (c) 2021 Lintang Songo : Jurnal Pendidikan |
|