EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL PADA SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2620-407X 2528-4207 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL PADA SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) |
|
Personal Name |
Subaidah STKIP Bina Insan Mandiri |
|
Summary, etc. |
Berdasarkan data dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) hingga akhir Juni 2016 perguruan tinggi yang terakreditasi A hanya berjumlah 26 dari 4300 institusi pendidikan tinggi. Sementara untuk akreditasi program studi (prodi) A sebanyak 2101, B sebanyak 8363, sedangkan yang masih terakreditasi C sebanyak 7830 dari 23800 prodi. Perguruan tinggi yang terakreditasi ini biasanya merupakan suatu universitas yang bermutu dan sudah besar. Sedangkan untuk tingkat Sekolah Tinggi, seperti yang terjadi pada Kopertis VII, pelaksanaan penjaminan mutu terutama setingkat STKIP di Jawa Timur saat ini belum maksimal, terbukti Penghargaan Kampus Unggul pada Kopertis 7 untuk Sekolah Tinggi tahun 2016, dari 19 STKIP yang ada di Jawa Timur hanya 3 yang masuk dalam kategori Kampus Unggul tersebut.
Dari kesenjangan itulah maka penelitian ini dikhususkan pada STKIP. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi terutama STKIP sehingga mampu menghasilkan guru-guru professional.
Target dari penelitian ini adalah peningkatan mutu STKIP dengan mengetahui kendala-kendala atau faktor penghambat, cara mengantisipasi, dan dampaknya bagi institusi melalui Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multi kasus untuk menganalisis dan mendeskripsikan secara jelas dan rinci mengenai evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal. Teknik pengumpulan data adalah sebagai berikut: Wawancara mendalam, Observasi non partisipan, dan Dokumentasi. Data akan dianalisis dengan dua tahap yaitu analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus.
Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah teridentifikasinya permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan penjaminan mutu internal, kendala yang dihadapi dan faktor penyebab sehingga dapat dicari cara untuk mengantisipasinya. Dengan begitu, penjaminan mutu di STKIP akan jauh lebih baik.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
LINTANG SONGO |
|
Electronic Location and Access |
https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/392 |
|
Data Source Entry |
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan; Vol. 4 No. 1 (2021): Lintang Songo: Jurnal Pendidikan |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Copyright (c) 2021 Lintang Songo : Jurnal Pendidikan |
|