Record Details

PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK (LISTENING)

Lintang Songo : Jurnal Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-407X
2528-4207
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK (LISTENING)
 
Personal Name Imelda Darmayanti Manurung
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model Learning Cycle 7e terhadap motivasi mahasiswa dalam pembelajaran menyimak (listening) di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UMSU, pada tahun akademik 2017/2018, terutama dalam sub capaian pembelajaran membuat diagram yang bersumber dari data statistik dan informasi mengenai ciri- ciri benda atau objek yang dihubungkan dengan kuantifikasi numerik yang berasal dari teks lisan, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran menyimak bahasa Inggris khususnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi exsperimental research) yang menggunakan classical experiment design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar model ARCS, test yang terdiri atas pernyataan positif dan negatif. Responden diambil secara cluster random sampling berjumlah 74 orang yang berasal dari mahasiswa semester III kelas C pagi dan B pagi. Kelas C pagi sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 33 orang mahasiswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E, sedangkan kelas B pagi sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap terhadap motivasi belajar menyimak mahasiswa yang dibuktikan oleh nilai rata-rata motivasi mahasiwa pada kelas eksperimen 4.19 pada kategori baik, sedangkan pada kelas kontrol berada pada rerata 3.36 dengan kategori cukup baik.
 
Publication, Distribution, Etc. LINTANG SONGO
 
Electronic Location and Access application/pdf
https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/308
 
Data Source Entry Lintang Songo : Jurnal Pendidikan; Vol. 1 No. 1 (2018): Lintang Songo: Jurnal Pendidikan
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Copyright (c) 2020