THE IMPLEMENTATION OF CRITICAL READING STRATEGY FOR IMPROVING READING COMPREHENSION SKILL OF INFORMATICS ENGINEERING STUDENTS
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2620-407X 2528-4207 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
THE IMPLEMENTATION OF CRITICAL READING STRATEGY FOR IMPROVING READING COMPREHENSION SKILL OF INFORMATICS ENGINEERING STUDENTS |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Fita Faridah Qomaria Nawafilah Universitas Islam Lamongan Universitas Islam Lamongan |
|
Summary, etc. |
Membaca kritis adalah salah satu strategi untuk membantu mereka memahami sebuah teks.
Strategi membaca kritis berikut disarankan oleh Tovani untuk membantu proses membaca.
Untuk tujuan penelitian ini, survei yang cermat dilakukan terhadap literatur untuk
mengidentifikasi strategi membaca kritis yang dianggap paling penting oleh para peneliti di
bidang membaca kritis. Desain penelitian dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Setiap tindakan dilakukan dalam bentuk proses siklus yang mengacu pada model
Keemmis dan Mc Tanggart, yang terdiri dari empat langkah utama yaitu: merencanakan,
bertindak, mengamati tindakan, dan merefleksikan tindakan tersebut. Temuan penelitian ada 34
siswa lulus nilai membaca minimum (KKM) dan ada 4 siswa gagal mencapai KKM.
Berdasarkan hasil observasi dalam penerapan teknik Critical Reading pada siklus 2
menunjukkan bahwa partisipasi siswa mendapat 89% atau kriteria “Sangat Bagus”. Sebagian
besar siswa memiliki perhatian yang baik untuk mengikuti instruksi guru. Dapat disimpulkan
bahwa penerapan strategi Membaca Kritis dapat meningkatkan prestasi siswa dalam
pemahaman membaca dan menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan selama
proses belajar mengajar.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
LINTANG SONGO |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/295 |
|
Data Source Entry |
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan; Vol. 2 No. 2 (2019): Lintang Songo: Jurnal Pendidikan |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Copyright (c) 2020 |
|