Record Details

THE IMPLEMENTATION OF CRITICAL READING STRATEGY FOR IMPROVING READING COMPREHENSION SKILL OF INFORMATICS ENGINEERING STUDENTS

Lintang Songo : Jurnal Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-407X
2528-4207
 
Authentication Code dc
 
Title Statement THE IMPLEMENTATION OF CRITICAL READING STRATEGY FOR IMPROVING READING COMPREHENSION SKILL OF INFORMATICS ENGINEERING STUDENTS
 
Added Entry - Uncontrolled Name Fita Faridah
Qomaria Nawafilah
Universitas Islam Lamongan
Universitas Islam Lamongan
 
Summary, etc. Membaca kritis adalah salah satu strategi untuk membantu mereka memahami sebuah teks. Strategi membaca kritis berikut disarankan oleh Tovani untuk membantu proses membaca. Untuk tujuan penelitian ini, survei yang cermat dilakukan terhadap literatur untuk mengidentifikasi strategi membaca kritis yang dianggap paling penting oleh para peneliti di bidang membaca kritis. Desain penelitian dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Setiap tindakan dilakukan dalam bentuk proses siklus yang mengacu pada model Keemmis dan Mc Tanggart, yang terdiri dari empat langkah utama yaitu: merencanakan, bertindak, mengamati tindakan, dan merefleksikan tindakan tersebut. Temuan penelitian ada 34 siswa lulus nilai membaca minimum (KKM) dan ada 4 siswa gagal mencapai KKM. Berdasarkan hasil observasi dalam penerapan teknik Critical Reading pada siklus 2 menunjukkan bahwa partisipasi siswa mendapat 89% atau kriteria “Sangat Bagus”. Sebagian besar siswa memiliki perhatian yang baik untuk mengikuti instruksi guru. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Membaca Kritis dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pemahaman membaca dan menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan selama proses belajar mengajar.
 
Publication, Distribution, Etc. LINTANG SONGO
 
Electronic Location and Access application/pdf
https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/295
 
Data Source Entry Lintang Songo : Jurnal Pendidikan; Vol. 2 No. 2 (2019): Lintang Songo: Jurnal Pendidikan
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Copyright (c) 2020