PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VI SDN GELAM 2 SIDOARJO
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2620-407X 2528-4207 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VI SDN GELAM 2 SIDOARJO |
|
Personal Name |
Siti Rumisih SDN Gelan 2 Sidoarjo |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model discovery learning terhadap pembelajaran IPA dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan melalui model discovery learning pada siswa kelas VI SDN Gelam 2. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada pra siklus memperoleh persentase sebesar 39%, meningkat pada siklus I sebesar 78%, dan meningkat pada siklus II sebesar 97%. Nilai rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan pada pra siklus sebesar 66, siklus I sebesar 83, dan siklus II sebesar 92. Hasil belajar aspek keterampilan pada pra siklus sebesar 66, siklus I sebesar 83, dan siklus II sebesar 92. Hasil belajar aspek sikap pada pra siklus sebesar 2, siklus I sebesar 3, dan siklus II sebesar 4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning terbukti efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI SDN Gelam 2.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
LINTANG SONGO |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/283 |
|
Data Source Entry |
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan; Vol. 3 No. 2 (2020): Lintang Songo: Jurnal Pendidikan |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Copyright (c) 2020 |
|