Record Details

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VI SDN GELAM 2 SIDOARJO

Lintang Songo : Jurnal Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-407X
2528-4207
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VI SDN GELAM 2 SIDOARJO
 
Personal Name Siti Rumisih
SDN Gelan 2 Sidoarjo
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model discovery learning terhadap pembelajaran IPA dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan melalui model discovery learning pada siswa kelas VI SDN Gelam 2. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada pra siklus memperoleh persentase sebesar 39%, meningkat pada siklus I sebesar 78%, dan meningkat pada siklus II sebesar 97%. Nilai rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan pada pra siklus sebesar 66, siklus I sebesar 83, dan siklus II sebesar 92. Hasil belajar aspek keterampilan pada pra siklus sebesar 66, siklus I sebesar 83, dan siklus II sebesar 92. Hasil belajar aspek sikap pada pra siklus sebesar 2, siklus I sebesar 3, dan siklus II sebesar 4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning terbukti efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI SDN Gelam 2.
 
Publication, Distribution, Etc. LINTANG SONGO
 
Electronic Location and Access application/pdf
https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/283
 
Data Source Entry Lintang Songo : Jurnal Pendidikan; Vol. 3 No. 2 (2020): Lintang Songo: Jurnal Pendidikan
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Copyright (c) 2020