RELEVANSI FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2620-407X 2528-4207 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
RELEVANSI FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA |
|
Personal Name |
Nurul Istiq’faroh Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo |
|
Summary, etc. |
Kebijakan Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim saat ini yaitu program belajar dengan konsep Pendidikan Merdeka. Kebijakan yang digagas mengarah pada kebebasan peserta didik dalam berpikir kritis dan juga memberikan kebebasan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Artikel ini berusaha menganalisis tentang bagaimana proses pendidikan yang dilaksanakan oleh Ki Hadjar Dewantara dalam filosofinya “Merdeka Pikirannya, dan Merdeka Raga serta Tenaganya” yang terorganisir dengan kebijakan Merdeka Belajar saat ini. Proses pendidikan yang humanisme dan mengedepankan keterbukaan dalam berpikir sangat dijunjung tinggi oleh Ki Hajar Dewantara sehingga dimungkinkan menjadi dasar dari konsep Pendidikan Merdeka yang dicetuskan baru-baru ini. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menyediakan informasi dan bukti tambahan untuk memenuhi tujuan dari proses Pendidikan Merdeka yang secara efektif bermanfaat bagi Pemangku Kebijakan Pendidikan, guru dan peserta didik di Indonesia.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
LINTANG SONGO |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/266 |
|
Data Source Entry |
Lintang Songo : Jurnal Pendidikan; Vol. 3 No. 2 (2020): Lintang Songo: Jurnal Pendidikan |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Copyright (c) 2020 Lintang Songo : Jurnal Pendidikan |
|