Record Details

RELEVANSI FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA

Lintang Songo : Jurnal Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-407X
2528-4207
 
Authentication Code dc
 
Title Statement RELEVANSI FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA
 
Personal Name Nurul Istiq’faroh
Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
 
Summary, etc. Kebijakan Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim saat ini yaitu program belajar dengan konsep Pendidikan Merdeka. Kebijakan yang digagas mengarah pada kebebasan peserta didik dalam berpikir kritis dan juga memberikan kebebasan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Artikel ini berusaha menganalisis tentang bagaimana proses pendidikan yang dilaksanakan oleh Ki Hadjar Dewantara dalam filosofinya “Merdeka Pikirannya, dan Merdeka Raga serta Tenaganya” yang terorganisir dengan kebijakan Merdeka Belajar saat ini. Proses pendidikan yang humanisme dan mengedepankan keterbukaan dalam berpikir sangat dijunjung tinggi oleh Ki Hajar Dewantara sehingga dimungkinkan menjadi dasar dari konsep Pendidikan Merdeka yang dicetuskan baru-baru ini. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menyediakan informasi dan bukti tambahan untuk memenuhi tujuan dari proses Pendidikan Merdeka yang secara efektif bermanfaat bagi Pemangku Kebijakan Pendidikan, guru dan peserta didik di Indonesia.
 
Publication, Distribution, Etc. LINTANG SONGO
 
Electronic Location and Access application/pdf
https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/266
 
Data Source Entry Lintang Songo : Jurnal Pendidikan; Vol. 3 No. 2 (2020): Lintang Songo: Jurnal Pendidikan
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Copyright (c) 2020 Lintang Songo : Jurnal Pendidikan