Record Details

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CLASSFLOW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP ZAINUDDIN

Al-Fakkaar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Authentication Code dc
 
Title Statement EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CLASSFLOW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP ZAINUDDIN
 
Personal Name Rizqi, M. Rizal
Universitas Islam Darul 'ulum
 
Summary, etc. Dalam pembelajaran dibutuhkan media yang dapat membantu kelancaran dalam terlaksananya proses belajar-mengajar yang efektif dan kondusif. Media pembelajaran classflow adalah media yang digunakan sebagai media komunikasi antara siswa dan guru untuk berdiskusi dengan efisiensi yang dinamis dan memiliki tampilan yang sederhana.  Dengan media ini, siswa dapat membaca dan melakukan latihan di halaman web di mana saja, dan guru dapat mempelajari hasil belajar siswa secara online melalui daftar hasil dan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran classflow dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas VIII di SMP Zainuddin, mengetahui bagaimana kemampuan membaca siswa kelas VIII di SMP Zainuddin, mengetahui efektivitas media pembelajaran classflow dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas VIII di SMP Zainuddin. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan uji “t-test”. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 34 siswa kelas VIII di SMP Zainuddin. Hasil dari analisis diperoleh t0 > ttabel yaitu 1,692 < 15,9 > 2,444 karena t0  lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas penggunaan media pembelajaran classflow dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas VIII di SMP Zainuddin.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/ALF/article/view/2912
 
Data Source Entry Al-Fakkaar; Vol 3 No 1 (2022): Februari
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##