Record Details

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MAHASISWA LULUSAN NON-MADRASAH DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN SULTAN AMAI GORONTALO

Al-Fakkaar

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MAHASISWA LULUSAN NON-MADRASAH DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAIN SULTAN AMAI GORONTALO
 
Added Entry - Uncontrolled Name Tungkagi, Fika Magfira
Ali, Ibadurrahman
Kasan, Yuslin
IAIN SULTAN AMAI GORONTALO
UIN Maliki Malang
IAIN SULTAN AMAI GORONTALO
 
Summary, etc. Penelitian ini membahas tentang problematika pembelajaran bahasa Arab pada mahasiswa yang lulusan non-madrasah di prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menggambarkan problem atau masalah yang dihadapi saat pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa lulusan non-madrasah. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur kepada 7 (tujuh) orang mahasiswa PBA lulusan non-madrasah yang terdiri dari 4 (empat) orang mahasiswa PBA semester tiga dan 3 (tiga) orang mahasiswa PBA semester lima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika dalam pembelajaran bahasa Arab secara umum terbagi menjadi dua yaitu; Problematika Linguistik/Kebahasaan dan Problematika non-Linguistik. Problematika linguistik terdiri dari Ashwat, Mufrodat, Qawaid, dan Tarakib. Sedangkan problematika non-linguistik atau non-kebahasaan terdiri dari motivasi dan minat belajar, sarana belajar, kompetensi guru, metode pembelajaran, waktu yang kurang, dan lingkungan belajar.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/ALF/article/view/2854
 
Data Source Entry Al-Fakkaar; Vol 3 No 1 (2022): Februari
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##