PEMBELAJARAN MAHAROH KALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA PKANDANGAN BLUTO SUMENEP TAHUN AJARAN 2020-2021
Al-Fakkaar
View Archive InfoField | Value | |
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PEMBELAJARAN MAHAROH KALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA PKANDANGAN BLUTO SUMENEP TAHUN AJARAN 2020-2021 |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Kholilah, Nur Hasanah, Uswatun Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan (IDIA) Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan (IDIA) |
|
Summary, etc. |
Metode snowball throwing adalah suatu metode pembelajaran yang diawali dengan pembentukan kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru yang berisi pertanyaan kemudian dibentuk seperti bola lalu dilempar ke murid lain. Yang mana dengan media pembelajaran ini melatih murid untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain. Media ini mempermudah dalam mengaplikasikan suatu pembelajaran, dan dalam praktek maharatul kalam siswa akan dibekali dengan kecakapan yang bagus, pengetahuan, serta percaya diri dalam mengungkapkan apa yang telah dipelajari di dalam kelas beserta teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk melatih maharah kalam siswa dengan menggunakan metode snowball throwing serta melatih siswa untuk lebih aktif, tanggap, serta percaya diri dalam mengungkapkan ide-idenya di depan guru maupun di depan teman-temannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang serta prilaku yang dapat diamati. Penelitian kualitatif bertujuan mempertahankan bentuk dan isi prilaku manusia dan menganalisis kualitas-kualitasnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode snowball throwing adalah cara yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas VII Mts Nurulhuda Pakandangan mampu membuat siswa lebih aktif dan tanggap serta lebih percaya diri dalam mengungkapkan ide-idenya, dan siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/ALF/article/view/2338 |
|
Data Source Entry |
Al-Fakkaar; Vol 2 No 1 (2021): Februari |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|