METODE COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE FOR LANGUAGE (CEFR) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Al-Fakkaar
View Archive InfoField | Value | |
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
METODE COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE FOR LANGUAGE (CEFR) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB |
|
Personal Name |
Riyadi, Dedi Eko STAI Miftahul Ulum Tarate Sumenep |
|
Summary, etc. |
Fakta yang tidak bisa dipungkiri Bagi orang Indonesia dalam mempejari bahasa arab , memiliki tingkat kesulitan dan kemudahan berbeda antara pelajar yang satu dengan pelajar yang lain. Namu kita perlu membangun cara berfikir bahwa, Kesulitan mempelajarinya tidaklah disebabkan oleh bahasanya itu melainkan pelajarnya dan metode yang digunakan. dalam tulisan ini, penulis akan mengulas sebuah metode pembelajaran yang dinamakan dengan metode Common European Framework of Reference for Language (CEFR). Pada mulanya, metode ini digunakan dalam pembelajaran bahasa asing di Eropa. Apakah teori ini bisa diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab, sebagaimana 40 bahasa asing selain bahasa Inggris. Sangat sederhana maksut dari tulisan ini adalah hanya sebuah usaha untuk mengetahui efektivitas, peluang dan tantangan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dengan menggunakan CEFR dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam wilayah ruang lingkupnya, Metode Common European Framework Of Reference For Language (CEFR)dalam bahasa arab, tidak ada pembedaan pada jenjang pendidikan formal yang mengacu pada usia pelajar. Teori CEFR dalam pembelajaran bahasa Arab mengacu pada kemampuan berbahasa Arab pada setiap levelnya berjumlah enam tingkatan. Yaitu A1 dan A2 untuk pemula, B1dan B2 untuk menengah, dan C1 dan C2 untuk tingkat lanjut. Jika dilihat dari pembelajaran bahasa Arab yang tersusun adalah didasarkan pada kompetensi tiap tingkatan dan ini akan memunkinkan bagi siapa saja untuk mempelajarinya dan menempati level sesuai kemampuannya. Dalam wilayah implementasinya, CEFR dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia khususnya masih terdapat kesulitan dalam menemukan aplikasinya baik di pendidikan formal maupun non formal tanpa adanya dukungan daripemerintah. Dan ini menunjukkan bahwa penerapan metode apapun dalam pembelajaran terutama metode Metode Common European Framework Of Reference For Language (CEFR)dalam bahasa arab bahasa arab, perlu adanya saling mendukung antara guru, pihak sekolah terutama dari pemerintahan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/ALF/article/view/2047 |
|
Data Source Entry |
Al-Fakkaar; Vol 1 No 2 (2020): Agustus |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|