Record Details

KONSEP BELAJAR PERSPEKTIF KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN BUKU PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-5473
2579-5465
 
Authentication Code dc
 
Title Statement KONSEP BELAJAR PERSPEKTIF KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN BUKU PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER
 
Personal Name Imam, Ahmad Saiful Ulum
Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Relevansi konsep belajar dari Kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim dengan buku pendidikan Islam kontemporer, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Penelitian ini berbentuk kajian kepustakaan (Library research), Sumber data diperoleh dalam dua bentuk data, yaitu Data Primer dan Skunder. Adapun data primer yang digunakan adalah Kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari dan buku pendidikan Islam kontemporer dan data skunder yang digunakan adalah Ayat Al-Qur’an, Hadist, buku,kitab, jurnal, dan literatur lainnya yang relevan. Selanjutnya dianalisis dengan metode Content Analysis dan metode deskriptif kualitatif, Sehingga dapat memberikan jawaban dari pertanyaan penelitian. Dari hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep belajar Kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim memiliki Relevansi dengan buku pendidikan Islam kontemporer. karena kajian dalam kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim banyak memiliki kesamaan dengan konsep belajar buku pendidikan Islam kontemporer. Dan selain itu posisi Pendidikan Adab sangatlah penting dan sangat perlu untuk diimplementasikan baik di dalam saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar maupun dalam kehidupan sehari-hari, baik mulai zaman dahulu maupun pada era modern saat ini, khususnya bagi seorang Pendidik dan Peseta didik, dengan tujuan di dalamnya agar tercapai sebagai seorang yang berakhlakul karimah, profesional, bertaqwa dan bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, Agama, dan Negara.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/edureg/article/view/1619
 
Data Source Entry EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya; Vol 1 No 2 (2018): Septemeber
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##