Record Details

PENGARUH PENGUNAAN MULTI METODE DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA MUHAMMADIYAH 1 TAMAN SIDOARJO

DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2550-0953
2303-3487
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENGARUH PENGUNAAN MULTI METODE DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA MUHAMMADIYAH 1 TAMAN SIDOARJO
 
Personal Name NM, Siti Rahayu
STIT Al-Azhar Sidoarjo
 
Summary, etc. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan multi metode dalam mengajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun teknik penggumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian bisa di paparkan (1) Guru mata pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo menggunakan multi metode dalam menyampaian materinya.di antaranya ceramah, tanya jawab, diskusi, dan drill. (2) Dengan menggunakan multi metode  dalam mengajar mempunyai pengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2020-2021. (3) Berdasarkan pada hasil penelitian di atas, dimana diperoleh rxy sebesar 0,669 bila diinterpretasikan dengan nilai “ r ” product moment berada diantara 0,600-0,800 maka dapat disimpulkan bahwa antara variabel x (pengaruh penggunaan multi metode dalam mengajar) dan variabel y (prestasi belajar) terdapat pengaruh atau berkorelasi sedang atau cukup. Begitu pula diinterpretasikan dengan nilai “ r ” product moment yang diperoleh ternyata ro (0,669) lebih besar dari rt, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multi metode dalam mengajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2020-2021.  
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2331
 
Data Source Entry DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora; Vol 7 No 2 (2020): Oktober
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##