Record Details

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DI MASA WALI SONGO DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMIKIRAN IMAM AL-GHOZALI

DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2550-0953
2303-3487
 
Authentication Code dc
 
Title Statement KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DI MASA WALI SONGO DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMIKIRAN IMAM AL-GHOZALI
 
Personal Name Nursaudah, Siti
Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Konsep pendidikan islam telah lama dikembangkan oleh para ulama sejak generasi tabiā€™in. melalui generasi inilah konsep pendidikan islam telah berkembang pada bentuknya yang paling ideal dan secara setahap-demi setahap telah memberikan sumbangsih bagi eksistensi pearadaban islam. Melalui konsep pendidikan yang semakin berkembang inilah lahirlah para ulama-ulama yang telah melahirkan berbagai gagasan dan pemikiran yang produktif dalam pengembangan bidang pendidikan. Salah satunya adalah Imam Abu Hamis Al-Ghozali, dari renungannya lahirlah berbagai kitab yang memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan Islam. Konsep pendidikan Islam inilah yang kemudian menjadi dasar bagi para wali songo dalam menyebarkan dakwah di tanah Jawa yang jauh dari sumber ajaran islam di negeri Arabia. Dengan menerapkan pemikiran imam Ghozali para generasi wali songo memberikan berbagai gerakan dan kontribusi pemikiran yang membangun peradaban Islam baru di tanah Jawa (Nusantara). Para wali songo lebih banyak memberikan berbagai ajaran-ajaran kepada pendudukan peribumi Nusantara dengan menyampaikan ajaran-ajaran pemikiran Imam Al-Ghozali. Dengan demikian maka pemikiran al-Ghozali sangat relevan sekali dengan konsep pendidikan Islam yang telah dikembangkan oleh Wali Songo
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2029
 
Data Source Entry DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora; Vol 7 No 1 (2020): April
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##