Record Details

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HADIS TENTANG SEDEKAH TERHADAP KESADARAN PESERTA DIDIK DALAM BERSEDEKAH DI MI TARBIYATUL BANAT SIMO SUNGELEBAK KARANGGENENG LAMONGAN

DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2550-0953
2303-3487
 
Authentication Code dc
 
Title Statement IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HADIS TENTANG SEDEKAH TERHADAP KESADARAN PESERTA DIDIK DALAM BERSEDEKAH DI MI TARBIYATUL BANAT SIMO SUNGELEBAK KARANGGENENG LAMONGAN
 
Personal Name Suryani, Khotimah
Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak peserta didik yang kurang memiliki kesadaran dan kepedulian sosial. Hal ini mengakibatkan peserta didik kurang bisa memahami arti bersedekah. Dengan melihat fakta tersebut, usaha yang dilakukan guru untuk membentuk kesadaran dalam diri peserta didik dengan melakukan pembelajaran Hadis. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran hadis tentang sedekah terhadap kesadaran peserta didik dalam bersedekah di MI Tarbiyatul Banat Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan; (2) Bagaimana hikmah atau nilai positif (value added) yang dihasilkan dari proses pembelajaran hadis tentang sedekah di MI Tarbiyatul  Banat Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan. Data-data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berkenaan dengan hal itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif karena menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, pernyataan lisan dari informan yang dijadikan narasumber serta perilaku yang dapat diamati. Kemudian dianalisis menggunakan analisis data Miles & Huberman. Dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi  dapat disimpulkan bahwa; (1) implementasi pembelajaran hadis yang dilaksanakan di MI Tarbiyatul Banat Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan dengan subjek penelitian peserta didik kelas VI memiliki dampak yang positif. Maknanya, implementasi tersebut menunjukkan keberhasilan karena dapat berpengaruh positif kepada peserta didik. Oleh karena itu sangatlah penting penanaman kepedulian sosial sejak dini, sehingga peserta didik tidak hanya memikirkan dirinya sendiri tapi mampu memikirkan kepentingan orang lain. Dengan pembelajaran ini peserta didik dapat membiasakan sedekah dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat; (2) Hikmah atau nilai positif (value added) dari proses pembelajaran ini menghasilkan prilaku positif berupa infaq harian, mengucapkan salam, bertutur  kata yang baik, melaksanakan tugas piket, membantu teman, menebar senyum, dan berperilaku sopan.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2026
 
Data Source Entry DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora; Vol 7 No 1 (2020): April
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##