Record Details

MEDIA PEMBELAJARAN DARING BERORIENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PAI DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR

DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2550-0953
2303-3487
 
Authentication Code dc
 
Title Statement MEDIA PEMBELAJARAN DARING BERORIENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PAI DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR
 
Personal Name Sun’iyah, Siti Lathifatus
Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Keberadaan Pandemi Covid-19 menjadikan pemerintah Indonesia mengambil kebijakan Belajar di rumah di berbagai tingkat pendidikan. Kebijakan ini diserai dengan intruksi penerapan Pembelajaran Daring. Implementasi pembelajaran Daring terutama pada tingkat pendidikan dasar, masih menimbulkan permasalahan dari kalangan guru dan peserta didik. Revolusi teknologi industri 4.0 memunculkan teknologi yang membantu aktivitas manusia, salah satunya adalah pembelajaran Daring. E-Learning atau pembelajaran Daring adalah pembelajaran berbasis Elektronik yang dapat mewujudkan efektivitas pembelajaran. Meskipun demikian, pembelajaran Daring tidak berkembang secara masif sampai terjadi Pandemi Covid-19. Grup media sosial menunjang kebutuhan guru terkait pelatihan pembuatan media pembelajaran Daring. Pembelajaran Daring sejalan dengan teori pembelajaran Konstruktivistik dimana peserta didik menyusun pengetahuan yang digali dari sumber pembelajaran yang disediakan oleh guru. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran diharapkan lebih meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajarinya. Pembelajaran Daring pada tingkat pendidikan dasar pada umumnya menggunakan media evaluasi pembelajaran online. Media evaluasi pembelajaran online termasuk dalam kategori independent media. Google forms merupakan media evaluasi pembelajaran online yang paling familiar di kalangan guru SD. Software yang pada awalnya ditujukan untuk kepentingan survei dan kuesioner ini, dianggap yang paling mudah diakses oleh peserta didik. Berikutnya terdapat aplikasi seperti Kahoot dan Quizizz, yang merupakan aplikasi evaluasi pembelajaran yang berbentuk kuis. Aplikasi yang memiliki fitur yang lebih beragam adalah Proprofs dan Wordwall. Penggunaan media evaluasi pembelajaran online dapat menggeser paradigma negatif penggunaan smartphone oleh anak. Pembelajaran Daring merupakan media interaksi anak dengan teman-temannya dalam dunia virtual. Pembelajaran Daring tidak hanya pemberian tugas namun juga bimbingan online dari guru, Penggunaan aplikasi online mudah untuk diterapkan, asalkan guru mau meluangkan waktunya.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2024
 
Data Source Entry DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora; Vol 7 No 1 (2020): April
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##