EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH BALAGHAH DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE PADA MAHASISWA SEMESTER IV PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNISDA LAMONGAN
DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2550-0953 2303-3487 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH BALAGHAH DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE PADA MAHASISWA SEMESTER IV PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNISDA LAMONGAN |
|
Personal Name |
Ni’mah, Khoirotun Universitas Islam Darul Ulum |
|
Summary, etc. |
Latar belakang penelitian ini berawal dari observasi yang dilakukan peneliti pada mahasiswa didapatkan bahwa mahasiswa merasa kesulitan dalam memahami pokok bahasan pada mata kuliah Balaghah. Sebagian mahasiswa pasif hanya menjadi pendengar setia saja ketika temannya presentasi depan kelas dan tidak bertanya, sehingga hasil yang didapatkan belum bisa seperti yang diharapkan. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan hasil penelitian ini, maka kesimpulan yang didapatkan adalah sebagai berikut: (1) Strategi Think Talk Write sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah balaghah hal ini dapat diketahui pada siklus II pertemuan I dengan presentase yang didapatkan sebesar 85%. Ini menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa pada pertemua pertama meningkat 10% dari kegiatan pembelajaran pada siklus I pertemuan kedua. Pada siklus II pertemuan II dengan presentase yang didapatkan sebesar 90%. Ini menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa pada pertemuan kedua juga sudah mencapai ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 80%. (2) Hasil belajar mahasiswa pada siklus II, mahasiswa yang mendapat nilai dengan kriteria tuntas sebanyak 18 mahasiswa dengan presentase yang didapatkan sebesar 90% dan mahasiswa yang mendapatkan nilai dengan kriteria tidak tuntas sebanyak 2 mahasiswa dengan presentase yang didapatkan sebesar 10%. Nilai ini sudah meningkat jika dibandingkan dengan siklus I dari 65% menjadi 90%.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/1466 |
|
Data Source Entry |
DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora; Vol 6 No 1 (2019): April |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|