Record Details

PENGARUSUTAMAAN PEMBELAJARAN HADIS-ILMU HADIS BERORIENTASI KARAKTER CINTA RASUL DI MA UNGGULAN ULUMIYYAH JATIROGO TUBAN

DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2550-0953
2303-3487
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENGARUSUTAMAAN PEMBELAJARAN HADIS-ILMU HADIS BERORIENTASI KARAKTER CINTA RASUL DI MA UNGGULAN ULUMIYYAH JATIROGO TUBAN
 
Personal Name Sun’iyah, Siti Lathifatus
Universitas Islam Darul Ulum
 
Summary, etc. Orientasi pendidikan Madrasah Aliyah lebih condong pada pengkhususan keilmuan umum. Ditambah dengan kurangnya antusiasme peserta didik MA terhadap mata pelajaran keagamaan yang diberikan. Pentingnya upaya untuk menggeliatkan keilmuan Islam terlebih ilmu Hadis agar dapat menancap kuat dalam diri peserta didik. Bidang keilmuan Hadis-Ilmu Hadis yang merupakan pilar keilmuan Islam seharusnya perlu perhatian ekstra dari lembaga pendidikan Islam. Gambaran perhatian yang intensif adalah melalui pembelajaran yang optimal pada mata pelajaran ini yang menyesuaikan dengan pola perkembangan dunia pendidikan. Urgensi penggambaran secara mendetail dari seorang guru mapel Hadis-Ilmu Hadis agar peserta didik benar-benar dapat menjiwai sejarah periwayatan dan kodifikasi hadis. Amanah implisit dari pembelajaran mapel ini adalah menanamkan rasa kerinduan yang mendalam kepada Rasulullah Saw. dan selanjutnya sosok Rasulullah Saw seolah-olah dihidupkan di tengah-tengah peserta didik untuk dapat diambil keteladanannya. Banyak aspek keteladanan yang dapat diungkapkan dari materi kisah para Shahabat Muksir al-Hadis, para pentakhrij. Guru mapel ilmu Hadis dituntut untuk memiliki karakter cinta Rasul yang kuat dan dapat selalu memberikan motivasi kepada peserta didiknya. Pembelajaran Hadis-Ilmu Hadis yang terdapat di MA Unggulan Ulumiyyah diberikan melalu berbagai metode termasuk pemberian informasi visual untuk menggambarkan secara detail tentang informasi sejarah periwayatan hadis. Bekal kompetensi peserta didik dalam Takhrij al-Hadis diharapkan dapat ditindaklanjuti pada penelaahan kandungan hadis yang jumlahnya jutaan dan penelusuran perawi dari Rijal al-Hadis. Prinsip pembelajaran Hadis-Ilmu Hadis di MA Unggulan Ulumiyyah yang merupakan sekolah berlatarbelakang pesantren adalah menanamkan sikap kritis terhadap peserta didik dibarengi rasa ta’dhim terhadap para ulama Salaf as-Saleh.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/1448
 
Data Source Entry DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora; Vol 6 No 1 (2019): April
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##