Record Details

Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis

TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2621-0460
2621-0452
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis
 
Personal Name Waseso, Hendri Purbo
Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
 
Summary, etc. Abstrak : Tulisan ini berupaya membuktikan keterlibatan teori pembelajaran konstruktivisme dalam konsep kurikulum 2013. Melalui kajian pustaka, diketahui bahwa pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 mengandung asumsi-asumsi pembelajaran yang ada dalam teori pembelajaran konstruktivisme. Secara lebih spesifik, kegiatan seperti mengamati, menanya, menalar dan mencoba dalam pendekatan saintifik kurikulum 2013 menampilkan ciri-ciri dari proses pembelajaran konstruktivisme yaitu 1) proses untuk mengubah gagasan/ide siswa yang sudah dimilikinya yang mungkin salah; 2)kemandirian dalam konstruksi pengetahuan; 3) belajar merupakan pembentukan makna (meaning) dengan cara membangun atau mengkonstruksi hubungan antara pengetahuan yang telah dimiliki oleh pembelajar dan pengetahuan yang sedang dipelajari, proses pembelajaran yang berlangsung secara terus-menerus dan aktif; dan 4)belajar juga menyangkut kesedian pembelajar untuk menerima pengetahuan yang sedang dipelajari, sehingga pembelajar bertanggung jawab tentang belajarnya.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/632
 
Data Source Entry TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam; Vol 1 No 1 (2018): January
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##