Record Details

Filsafat Pendidikan Islam dan Tameng Moralitas Bangsa

TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2621-0460
2621-0452
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Filsafat Pendidikan Islam dan Tameng Moralitas Bangsa
 
Personal Name Habibah, Sulhatul
Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Abstrak : Artikel ini melihat absurditas pola perilaku orang terdidik tetapi perilakunya korup. Tidaklah mungkin pendidikan mencederai moral sebab misi suci pendidikan membentuk kemanusiaan luhur: menaikkan tarafnya lebih tinggi dari sekedar lingkup fisik dan jangka pendek. Ada kekeliruan dalam proses pendidikan di Indonesia yang tidak menghasilkan perilaku orang terdidik menjadi pribadi bersih. Artikel ini menganalisa dan mengkritik pandangan umum pendidikan sebagaimana berlangsung dan dianggap umum di Indonesia. Pendekatan dalam artikel ini menggunakan filsafat pendidikan Islam: menjabarkan apa sebenarnya landasan filosofis pendidikan dalam tinjauan Islam. Tinjauan kefilsafatan kiranya sudah tepat untuk menelaah basis perilaku moral manusia. Hasil dari penelitian ini digunakan untuk memperkuat keutuhan bangsa sekaligus menyelamatkannya dari bahaya krisis moral yang sudah merajalela.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/624
 
Data Source Entry TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam; Vol 1 No 1 (2018): January
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##