Filsafat Pendidikan Islam dan Tameng Moralitas Bangsa
TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2621-0460 2621-0452 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Filsafat Pendidikan Islam dan Tameng Moralitas Bangsa |
|
Personal Name |
Habibah, Sulhatul Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan |
|
Summary, etc. |
Abstrak : Artikel ini melihat absurditas pola perilaku orang terdidik tetapi perilakunya korup. Tidaklah mungkin pendidikan mencederai moral sebab misi suci pendidikan membentuk kemanusiaan luhur: menaikkan tarafnya lebih tinggi dari sekedar lingkup fisik dan jangka pendek. Ada kekeliruan dalam proses pendidikan di Indonesia yang tidak menghasilkan perilaku orang terdidik menjadi pribadi bersih. Artikel ini menganalisa dan mengkritik pandangan umum pendidikan sebagaimana berlangsung dan dianggap umum di Indonesia. Pendekatan dalam artikel ini menggunakan filsafat pendidikan Islam: menjabarkan apa sebenarnya landasan filosofis pendidikan dalam tinjauan Islam. Tinjauan kefilsafatan kiranya sudah tepat untuk menelaah basis perilaku moral manusia. Hasil dari penelitian ini digunakan untuk memperkuat keutuhan bangsa sekaligus menyelamatkannya dari bahaya krisis moral yang sudah merajalela.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/624 |
|
Data Source Entry |
TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam; Vol 1 No 1 (2018): January |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|