PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN STARTEGI PEMODELAN PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 SAMBENG TP 2019/2020
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-8979 2442-787X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN STARTEGI PEMODELAN PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 SAMBENG TP 2019/2020 |
|
Personal Name |
Sa'diyah, Sa'diyah SMP Negeri 1 Sambeng Lamongan |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan strategi pemodelan, (2) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan strategi pemodelan pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sambeng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sambeng. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas empat tahap: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan strategi pemodelan dapat meningkatkan hasil kemampuaan menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini terlihat dari skor rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dikenai tindakan adalah 57,41, kemudian meningkat menjadi 69,50 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 77,30 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari pratindakan ke siklus I sebesar 12,09. Peningkatan siklus I hingga siklus II sebesar 7,80. Peningkatan total skor rata-rata kelas dari pratindakan hingga siklus II sebesar 19,89. (2) Peningkatan proses pembelajaran menggunakan strategi pemodelan dapat dilihat dari antusiasme, perhatian, dan keaktifan siswa sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dan terjadi perubahan positif bagi siswa. Oleh karena itu, penggunaan strategi pemodelan dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dapat menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/2132 |
|
Data Source Entry |
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 6 No 2 (2020): PENTAS: Bulan November Tahun 2020 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|