PEMEROLEHAN MORFOLOGI PADA ANAK USIA 5 TAHUN DI TK YUNIOR MANYAR REJO KELURAHAN MENUR PUMPUNGAN KECAMATAN SUKOLILO SURABAYA
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-8979 2442-787X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PEMEROLEHAN MORFOLOGI PADA ANAK USIA 5 TAHUN DI TK YUNIOR MANYAR REJO KELURAHAN MENUR PUMPUNGAN KECAMATAN SUKOLILO SURABAYA |
|
Personal Name |
Tesalonika, Lita Lita Tesalonika FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS DR. SOETOMO SURABAYA, Jl. Semolowaru No.84, Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60118 |
|
Summary, etc. |
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai pemerolehan morfologi yang terdapat pada anak di TK Yunior Manyar Rejo Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis. Masalah pada penelitian ini terdapat verba dasar dan verba turunan, nomina dasar dan nomina turunan di TK Yunior Manyar Rejo Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen utama. Data yang digunakan yakni 15 anak kelas TK A anak usia dini yang berusia 5 tahun di TK Yunior Manyar Rejo Surabaya. Melalui deskripsi data ini terdapat verba dasar dan verba turunan yang diucapkan antara siswa dengan siswa maupun dengan guru serta nomina dasar dan nomina turunan yang diucapkan antara siswa dengan siswa maupun gurunya. Sesuai pada data yang terdapat 15 anak dalam satu kelas ditemukan 56 kata verba dasar yang diucapkan antara siswa dan guru, terdapat 100 kata verba dasar yang diucapkan siswa dan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung di TK Yunior serta terdapat pula 209 data nomina dasar yang diucapkan siswa dan guru. Pada kata verba turunan dan nomina turunan diantara terdapat prefiks, konfiks, infiks dan sufiks. Pada proses prefiksasi terdapat imbuhan yang berada di bagian awal kata seperti me-, ber-, se-, di-, ter-, ke-. Pada proses sufiksasi terdapat imbuhan akhir kata seperti -an, -in dan -kan. Pada proses konfiksasi terdapat imbuhan di awal dan akhir kata ber-an, ke-an, per-an, pe-an, di-kan, sedangkan pada proses infiksasi terdapat imbuhan di sisipan -el, -er juga terdapat reduplikasi kata ulang serta majemuk kata gabung yang diperoleh anak di TK Yunior Manyar Rejo Surabaya.
Kata Kunci: Pemerolehan, Morfologi, Verba, Nomina, TK.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/2015 |
|
Data Source Entry |
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 6 No 1 (2020): PENTAS: Bulan Mei Tahun 2020 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|