PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD / MI
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-8979 2442-787X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD / MI |
|
Personal Name |
Oktaviani, Rafika Elsa UIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU |
|
Summary, etc. |
Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia memerlukan prinsip-prinsip. Yang menjadi dasar kebenaran bertindak dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai disebut dengan prinsip-prinsip dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satu sarana yang dapat mengakses informasi dan kemajuannya ilmu pengetahuan yaitu dengan belajar bahasa. Permasalahan yang akan dijawab dalam kajian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library research), akan menjawab apa saja prinsip-prinsip dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dari berbagai referensi dan data-data yang dikumpulkan. menunjukkan hasil penelitian bahwa ada empat prinsip dalam pembelajaran bahasa Indonesia SD / MI yaitu prinsip kontekstual (nyata), prinsip integratif (terpadu), prinsip fungsional (fungsi), dan prinsip apresiatif (menyenangkan). Agar tujuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat tercapai dengan baik, maka keempat prinsip tersebut dapat dilaksanakan berdasarkan pendekatan komunikatif.
Kata Kunci: Prinsip-prinsip, bahasa
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1528 |
|
Data Source Entry |
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 7 No 1 (2021): Bulan Mei Tahun 2021 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|