PENGARUH MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP DRAMA
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-8979 2442-787X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENGARUH MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP DRAMA |
|
Personal Name |
habibah, leny risul universitas islam darul ulum lamongan |
|
Summary, etc. |
Pendidikan merupakan unsur terpenting penentu keberhasilan pembangunan nasional. Faktor yang mempengaruhi perkembangan pendidikan dalam pembangunan nasional antara lain tujuan pendidikan, guru, siswa, materi pendidikan, media pendidikan, alat pendidikan dan lingkungan. Tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan semua potensi, kecakapan, serta semua karakteristik pribadi peserta didik kearah yang positif sehingga dapat menjadi insan yang bertakwa dan berguna bagi bangsa. Guru memiliki tanggung jawab untuk membimbing peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh mobile learning berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada konsep drama, (2) peningkatan menggunakan mobile learning berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada konsep drama, (3) siswa dengan menggunakan mobile learning berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada konsep drama. Sampel diambil secara purposive sampling yang terdiri dari kelas XI IPA (kelas kontrol) dan XI IPS (kelas eksperimen). Jumlah siswa kedua kelas sama yaitu 25 siswa, total 50 siswa. Taraf signifikansi (α) yang digunakan yaitu 5%. Pengambilan kesimpulan hipotesis berdasarkan kriteria pengujian, yaitu jika nilai sig (2-tailed) < α, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Tabel 4.5 menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) hasil pretest sebesar 0,177 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05,sehingga hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternatif (H1) ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh di kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Hasil posttest,nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi sebesar 0,05,sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Artinya terdapat pengaruh mobile learning berbasis Android terhadap hasil belajar siswapada konsep drama.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1516 |
|
Data Source Entry |
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 5 No 1 (2019): PENTAS: Bulan Mei Tahun 2019 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|