Record Details

PEMAHAMAN TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER PADA GURU TPQ SE KECAMATAN SUKODADI (Kajian Perspektif Al-Qur’an, Surat Al-Luqman)

PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-8979
2442-787X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PEMAHAMAN TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER PADA GURU TPQ SE KECAMATAN SUKODADI (Kajian Perspektif Al-Qur’an, Surat Al-Luqman)
 
Personal Name Ernaningsih, Ernaningsih
Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Penelitian ini   berdasarkan pada aspek (1) Bagaimana pemahaman   Guru TPQ tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al-Luqman, (2) Bagaimana kontekstualiasasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al-Luqman dengan perkembangan anak didik.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  mendeskripsikan  dan  menjelaskan tentang : (1) Pemahaman Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al- Luqman, yang di pahami oleh Guru TPQ kecamatan Sukodadi dan (2) kontekstualiasasi nilai- nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al-Luqman dengan perkembangan anak didik. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan tafsir Hermeneutika. Data  dalam  penelitian  ini  berupa  data  tentang  (1)  Nilai-nilai  pendidikan  karakter  yang terkandung dalam surat al-Luqman, dan (2)   kontekstualiasasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat al-Luqman dengan perkembangan anak didik.   Sumber data diperoleh dari dokumentasi dan wawancara.  Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif. Validasi data menggunakan triangulasi, baik triangulasi teori, data, dan metode.
 
Publication, Distribution, Etc. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1429
 
Data Source Entry PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 4 No 2 (2018): PENTAS: Bulan November Tahun 2018
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##