PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI JIGSAW PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI I BANCAR SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2017- 2018
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-8979 2442-787X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI JIGSAW PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI I BANCAR SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2017- 2018 |
|
Personal Name |
Sujito, Sujito SMA Negeri 1 Tuban |
|
Summary, etc. |
Keterampilan menulis proposal mampu membentuk generasi masa depan kreatif dan inovatif sehingga mampu melahirkan tulisan komunikatif bermanfaat dalam kehidupan. Menulis dengan kreatif perlu dilatihkan dibiasakan agar mampu meningkatkan kemampuan menulis. Kemampuan menulis proposal diperlukan strategi tertentu untuk menguasai materi keterampilan dalam menulis. Melalui penggunaan metode kooperatif tipe Jigsaw kemampuan menulis proposal peserta mengalami peningkatan. Bertolak dari permasalahan menulis proposal peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis proposal siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bancar semester gasal tahun pelajaran 2017/2018 setelah diberikan pembelajaran melalui metode kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA semester gasal tahun pelajaran 2017/2018 berlokasi di jalan Desa Bancar-Ngampelrejo Bancar Tuban. Pemilihan objek penelitian tersebut karena peneliti mengajar di kelas XI IPA. Menurut hasil pengamatan peneliti, siswa kelas XI IPA hasil penilaian pembelajaran di kelas belum optimal. Guru belum menggunakan media dan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Peneliti menggunakan strategi Jigsaw agar pembelajaran menulis proposal meningkat. Teknik pelakasanaan penelitian tindakan kelas menulis proposal menggunakan 3 siklus. Siklus pertama diawali identifikasi masalah, pencarian fakta, analisis penemuan masalah. Siklus kedua dan ketiga disusunlah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), reflkesi. Hasil refleksi dipresentasikan untuk menjelaskan dampak hasil tindakan praktik pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan model strategi Jigsaw dalam pembelajaran siswa kelas XI semester gasal tahun pelajaran 2017/2018 di SMA Negeri 1 Bancar dapat meningkatkan kemampuanya dalam kemampuan menulis proposal siswa.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1135 |
|
Data Source Entry |
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 3 No 1 (2017): PENTAS: Bulan Mei Tahun 2017 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|