STRATEGI PENGAJARAN BAHASA
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-8979 2442-787X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
STRATEGI PENGAJARAN BAHASA |
|
Personal Name |
ikbal, Muhammad mahasiswa |
|
Summary, etc. |
Abstrak
Proses pembelajaran tidak akan pernah terlepas dari penerapan sebuah strategi atau metode pembelajaran. Setiap metode dan strategi pembelajaran memiliki tujuan tertentu, setiap pendekatan, strategi maupun metode pembelajaran akan memiliki satu ranah pembelajaran yang menonjol meskipun juga mengandung ranah pembelajaran lainnya. Permasalahan yang akan dijawab dalam kajian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yang akan menjawab tentang pendekatan, strategi dan metode pengajaran bahasa. Kajian ini diambil dari naskah-naskah kepustakaan yang relevan dengan topik penelitian yaitu berkaitan dengan topik yang dibahas. Sumber data yang digunakan adalah data-data hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberpa macam pendekatan, strategi dan metode yang dapat diterapkan oleh seorang guru dalam pengajaran bahasa.. Pendekatan yang dapat digunakan dalam pengajaran bahasa anatara lain, pendekatan komunikatif, pendekatan integraktif, pendekatan cara belajar siswa aktif, pendekatan belajar kooperatif, pendekatan tujuan, pendekatan sruktural, pendekatan kontekstual (ctl). Menurut Nurhayati, strategi dalam pengajaran bahasa antara lain, dalam keterampilan mendengarkan: demonstrasi cerita pribadi, wawancara, bertelepon, bagan cerita (story maps), survei kelompok, pidato singkat, keterampilan membaca: strategi pemetaan pikiran, lihat dan katakan, keterampilan menulis: mengisi gelembung-gelembung ujaran, membuat salinan nyanyian, membuat daftar, menyusun informasi, menulis catatan, menulis laporan buku, menulis pesan , pesan di kartu ultah, kerja proyek, menulis kreatif , write from the start, menulis laporan suatu peristiwa. Metode menurut KBBI 2001 adalah cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki. Metode dalam pengajaran bahasa antara lain: metode audiolingual, metode komunikatif, metode alamiah, metode SAS.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/864 |
|
Data Source Entry |
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 5 No 1 (2019): PENTAS: Bulan Mei Tahun 2019 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|