Record Details

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TANDUR PADA SISWA KELAS IV MI. MIFTAHUL ULUM BANDUNGSARI KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN

PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-8979
2442-787X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TANDUR PADA SISWA KELAS IV MI. MIFTAHUL ULUM BANDUNGSARI KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN
 
Personal Name HIDAYAH, NURUL
Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum
 
Summary, etc. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) mendskripsikan aktifitas guru, (2) mendeskripsikan aktifitas siswa yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan hasil akhir pembelajaran, dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan model pembelajaran TANDUR. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Yang dimaksud dengan metode kualitatif adalah metode yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, motivasi, tindakan dan lain-lain dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktifitas guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran memperoleh kreiteria sangat baik dengan persentase skor 94,55%. Aktifitas siswa dalam proses menulis pantun terbilang sangat baik dengan perolehan skor 90% dan hasil kerja siswa dikategorikan baik dengan persentase skor 84%. Adapun peningkatan kemampuan menulis siswa sebesar 9%.
 
Publication, Distribution, Etc. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/819
 
Data Source Entry PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 4 No 1 (2018): PENTAS: Bulan Mei Tahun 2018
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##