STRATEGI BELAJAR BAHASA ANAK
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-8979 2442-787X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
STRATEGI BELAJAR BAHASA ANAK |
|
Personal Name |
Fitri, Anggi Program Pascasarjana Magister PGMI UIN Sultan Syarief Kasim Riau |
|
Summary, etc. |
Pembelajaran bahasa Indonesia bukan hanya diarahkan pada penguasaan kompetensi gramatikal melainkan juga harus diarahkan pada penguasaan kompetensi sosiolinguistik kompetensi wacana, dan kompetensi strategi. Untuk menguasai kompetensi-kompetensi tadi diperlukan strategi yang tepat dalam pembelajaran bahasa. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah Strategi Belajar Bahasa, Strategi Belajar Bahasa adalah tindakan spesifik yang diambil oleh pelajar untuk membuat belajar lebih mudah, lebih cepat, lebih menyenangkan, lebih mandiri, lebih efektif, dan lebih dapat dialihkan kepada situasi baru.Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (libraryresearch). Data-data dikumpulkan dari berbagai referensi; baik primer, sekunder, maupun data pendukung. Data-data yang ada dianalisis dengan pendekatan hermeneutik dengan cara content analysis (analisis isi). hasil penelitian menunjukan bahwa ada 12 karakteristik/ fitur dalam strategi belajar bahasa. dan Strategi Belajar Bahasa itu sendiri meliputi : Strategi Langsung (strategi memori, strategi kognitif, strategi kompensasi), 2. Strategi Tidak Langsung (strategi metakognitif, strategi afektif, dan strategi sosial).
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/817 |
|
Data Source Entry |
PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 4 No 1 (2018): PENTAS: Bulan Mei Tahun 2018 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|