Record Details

STRATEGI BELAJAR BAHASA ANAK

PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-8979
2442-787X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement STRATEGI BELAJAR BAHASA ANAK
 
Personal Name Fitri, Anggi
Program Pascasarjana Magister PGMI UIN Sultan Syarief Kasim Riau
 
Summary, etc. Pembelajaran bahasa Indonesia bukan hanya diarahkan pada penguasaan kompetensi gramatikal melainkan juga harus diarahkan pada penguasaan kompetensi sosiolinguistik kompetensi wacana, dan kompetensi strategi.  Untuk menguasai kompetensi-kompetensi tadi diperlukan strategi yang tepat dalam pembelajaran bahasa. Salah satu strategi yang dapat digunakan  adalah Strategi Belajar Bahasa, Strategi Belajar Bahasa adalah tindakan spesifik yang diambil oleh pelajar untuk membuat belajar lebih mudah, lebih cepat, lebih menyenangkan, lebih mandiri, lebih efektif,  dan lebih dapat dialihkan kepada situasi baru.Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (libraryresearch). Data-data dikumpulkan dari berbagai referensi; baik primer, sekunder, maupun data pendukung. Data-data yang ada dianalisis dengan pendekatan hermeneutik dengan cara content analysis (analisis isi). hasil penelitian menunjukan bahwa ada 12 karakteristik/ fitur dalam strategi belajar bahasa. dan Strategi Belajar Bahasa itu sendiri meliputi : Strategi Langsung (strategi memori, strategi kognitif, strategi kompensasi), 2. Strategi Tidak Langsung (strategi metakognitif, strategi afektif, dan strategi sosial).
 
Publication, Distribution, Etc. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/817
 
Data Source Entry PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 4 No 1 (2018): PENTAS: Bulan Mei Tahun 2018
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##