Record Details

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS XI MAN I KOTA SUNGAI PENUH

PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-8979
2442-787X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS XI MAN I KOTA SUNGAI PENUH
 
Personal Name Marselina, Suci
Sekolah Tinggi Ilmi Ekonomi Alam Kerinci
 
Summary, etc. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa kelas XI MAN I Kota Sungai Penuh dalam menulis, khususnya menulis karya ilmiah. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karya ilmiah, disebabkan penggunaan strategi belajar yang kurang tepat. Strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan yang ditemukan siswa dan guru sehingga dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karya ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan siswa menulis karya ilmiah melalui strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian terdiri atas tiga siklus penelitian. Satu siklus penelitian dilakukan tiga kali pertemuan (3x45 menit). Tindakan tiap siklus didasarkan pada hasil refleksi siklus sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan  strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation menyebabkan proses pembelajaran menulis menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Hal ini, tampak pada hasil belajar siswa yakni saat pra siklus siswa yang mencapai KKM 1 orang dari 31 dan pada siklus 1 siswa yang mencapai KKM 6 orang dari 31. Pada siklus kedua jumlah siswa yang mencapai KKM ada 18 orang dari 31 orang. Siklus ketiga seluruh siswa mampu mencapai KKM. Faktor yang mempengaruhi peningkatan keterampilan siswa menulis karya ilmiah adalah penggunaaan strategi belajar kooperatif tipe Group Investigation.
 
Publication, Distribution, Etc. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/816
 
Data Source Entry PENTAS : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 4 No 1 (2018): PENTAS: Bulan Mei Tahun 2018
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##