Record Details

KONTROL DIRI PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-8987
2085-1413
 
Authentication Code dc
 
Title Statement KONTROL DIRI PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
 
Added Entry - Uncontrolled Name Firdaus, Mu’minatus Fitriati
Himawati, Ditiya
Arianty, Meity
Universitas Gunadarma
Universitas Gunadarma
 
Summary, etc. Abstrak Covid-19 merupakan pandemic global yang telah mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh yang menjadi polemic bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa secara deskriptif kuantitatif pada tingkat control diri mahasiswa yang menjalankan pembelajaran jarak jauh. Subjek penelitian ini berjumlah 110 mahasiswa yang menjalankan pembelajaran jarak jauh. Peneliti menguji validitas isi skala control diri, hasilnya menunjukkan koefisiensi reliabilitas sebesar 0,918. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mahasiswa yang menjalankan pembelajaran jarak jauh memiliki control diri yang tinggi yaitu pada skor rata-rata mean empirik 88,23 lebih besar dari skor rata-rata hipotetik 67.5. Sedangkan, data deskriptif pada responden berdasarkan domisili, usia, dan tingkat semester menunjukkan hasil rata-rata mean empirik dalam kategori tinggi. Namun terdapat perbedaan skor empirik berdasarkan jenis kelamin, hasilnya menunjukkan bahwa perempuan memiliki kontrol diri yang tinggi dibandingkan laki-laki. Kata kunci: kontrol diri, pembelajaran jarak jauh dan mahasiswa.                                                                             Abstract                                  Covid-19 as global pandemic has prompted the government to issue distance learning policy which has become polemic for university students. This study aims to analyze quantitatively descriptive at the level of self-control of students who run distance learning. The subject of this study was collected from 110 students who run distance learning. Researchers tested the content validity of the self-control scale, the results showed a reliability coefficient of 0.918. The results also show that students who run distance learning have high self-control, namely the empirical average score of 88.23, which is greater than the hypothetical average score of 67.5. Meanwhile, descriptive data on respondents based on domicile, age, and semester level showed the empirical average results in the high category. However, there are differences in empirical scores based on gender, the results show that women have high self-control compared to men. Key word: self control, distance learning and university students.
 
Publication, Distribution, Etc. LPPM UNISDA
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Humanis/article/view/2831
 
Data Source Entry HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora; Vol 14 No 1 (2022): Januari
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##