KONTROL DIRI PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-8987 2085-1413 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
KONTROL DIRI PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Firdaus, Mu’minatus Fitriati Himawati, Ditiya Arianty, Meity Universitas Gunadarma Universitas Gunadarma |
|
Summary, etc. |
Abstrak
Covid-19 merupakan pandemic global yang telah mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh yang menjadi polemic bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa secara deskriptif kuantitatif pada tingkat control diri mahasiswa yang menjalankan pembelajaran jarak jauh. Subjek penelitian ini berjumlah 110 mahasiswa yang menjalankan pembelajaran jarak jauh. Peneliti menguji validitas isi skala control diri, hasilnya menunjukkan koefisiensi reliabilitas sebesar 0,918. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mahasiswa yang menjalankan pembelajaran jarak jauh memiliki control diri yang tinggi yaitu pada skor rata-rata mean empirik 88,23 lebih besar dari skor rata-rata hipotetik 67.5. Sedangkan, data deskriptif pada responden berdasarkan domisili, usia, dan tingkat semester menunjukkan hasil rata-rata mean empirik dalam kategori tinggi. Namun terdapat perbedaan skor empirik berdasarkan jenis kelamin, hasilnya menunjukkan bahwa perempuan memiliki kontrol diri yang tinggi dibandingkan laki-laki.
Kata kunci: kontrol diri, pembelajaran jarak jauh dan mahasiswa.
Abstract
Covid-19 as global pandemic has prompted the government to issue distance learning policy which has become polemic for university students. This study aims to analyze quantitatively descriptive at the level of self-control of students who run distance learning. The subject of this study was collected from 110 students who run distance learning. Researchers tested the content validity of the self-control scale, the results showed a reliability coefficient of 0.918. The results also show that students who run distance learning have high self-control, namely the empirical average score of 88.23, which is greater than the hypothetical average score of 67.5. Meanwhile, descriptive data on respondents based on domicile, age, and semester level showed the empirical average results in the high category. However, there are differences in empirical scores based on gender, the results show that women have high self-control compared to men.
Key word: self control, distance learning and university students.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
LPPM UNISDA |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Humanis/article/view/2831 |
|
Data Source Entry |
HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora; Vol 14 No 1 (2022): Januari |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|