POLA ASUH SINGLE PARENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK SISWA KELAS II UPT SDN 90 GRESIK
HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-8987 2085-1413 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
POLA ASUH SINGLE PARENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK SISWA KELAS II UPT SDN 90 GRESIK |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Siskhayunita, Zelly Umam, Nanang Khoirul Marzuki, Ismail Universitas Muhammadiyah Gresik Universitas Muhammadiyah Gresik Universitas Muhammadiyah Gresik |
|
Summary, etc. |
Abstract : This research aims to describe the parenting styles of parents especilly single parents in educating their children and how parents can motivate their children to learning achievement owned of student in class II UPT SDN 90 Gresik. The data collection techniques using interview, observation, and documentation. Data collection instrument using guidelines and validation tests. The data analysis using data collection, data presentation and conclusions. The data validity test using trigulation techniques and resources.The results of the study concluded that both parents applied authoritative parenting, but one of the two parents also applied authoritarian parenting. Activities carried out by students receive support from parents and children needs are met. The both parents prioritize children in terms of education and also in terms of education and also in terms of religion. Children are not required to get good grades, but parents always support whatever the child gets. If the child gets good results, the child gets a reward from both words and things. The both parents did not give physical punishment but it was a warning. The achievements of the two students are the most stand out from aspect academic.
Keywords : Parenting, Achievers, Motivation Learn.
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua khususnya pada orang tua tunggal atau single parent dalam mendidik anaknya serta cara orang tua dalam memberikan motivasi belajar kepada anak untuk meningkatkan prestasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik pada kelas II di UPT SDN 90 Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpelan data menggunakan pedoman dan uji validasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsaan data menggunakan tringulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kedua orang tua tersebut menerapkan pola asuh otoritif, namun pada salah satunya dari orang tua A tersebut juga menerapkan pola asuh otoriter. Kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik mendapat dukungan oleh orang tua serta kebutuhan anak terpenuhi. Kedua orang tua memproritaskan anak dalam hal pendidikan serta diimbangi pula dari segi agama. Anak tidak dituntut untuk mendapatkan nilai bagus, namun orang tua selalu mendukung apapun yang didapatkan oleh anak. Jika anak mendapatkan hasil yang bagus, anak mendapat hadiah baik dari ucapan maupun barang. Kedua orang tua tidak memberikan hukuman yang berbentuk fisik namun berupa teguran. Prestasi yang dihasilkan dari kedua peserta didik menonjol dari segi akademik.
Kata kunci : Pola Asuh, Berprestasi, Motivasi Belajar.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
LPPM UNISDA |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Humanis/article/view/2830 |
|
Data Source Entry |
HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora; Vol 14 No 1 (2022): Januari |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|