Record Details

MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERBAGAI BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI METODE PERMAINAN BENDA-BENDA KONKRET

HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-8987
2085-1413
 
Authentication Code dc
 
Title Statement MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERBAGAI BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI METODE PERMAINAN BENDA-BENDA KONKRET
 
Personal Name Rahayu, Sri
SD Negeri Mangkujajar Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan metode permainan benda-benda konkrit dalam pembelajaran geometri serta peningkatan pemahaman berbagai bangun ruang sederhana pada siswa kelas I SD Negeri Mangkujajar, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas siswa kelas I SD Negeri Mangkujajar yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa Rencana Pembelajaran (RP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan penilaian kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I terdapat 6 siswa yang mengalami ketuntasan belajar perorangan dari 10 jumlah siswa (60%) ini menunjukkan pada siklus ini belum mengalami ketuntasan klasikal. Pada siklus IIĀ  terdapat 9 siswa yang mengalami ketuntasan belajar perorangan dari 10 jumlah siswa (90%) ini menunjukkan pada siklus ini sudah mengalami ketuntasan klasikal. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode permainan benda-benda konkrit terhadap peningkatan pemahaman berbagai bangun ruang sederhana pada siswa.
 
Publication, Distribution, Etc. LPPM UNISDA
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Humanis/article/view/325
 
Data Source Entry HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora; Vol 10 No 1 (2018): Januari
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##